INILAH Daftar Makanan Sehat Bagi Para Penyelam Pemula Bahkan Profesional- VERSI ZAFFY

Sebagai olah raga yang sangat adventure scuba diving menyelam harus diimbangi dengan makanan khusus sehat terpilih untuk menunjang seluruh aktifitas dibawah permukaan air akan menjadi fenomena sebuah cara untuk melihat dunia bawah laut yang akan selalu dicari dan dilakukan oleh para profesional. Atlit yang berprestasi tentu saja harus mempunyai ketahanan tubuh yang akan selalu terjaga dengan jenis asupan makanan sangat sehat ini tidak hanya berguna bagi para penyelam saja tetapi untuk jenis olah raga lainnya seperti lari marahon, sepak bola, dan eksplor wisata alam lainnya juga membutuhkan jumlah karbo yang cukup saat kegiatan magical ini akan berlangsung di waktu yang akan datang ditambah dengan jenis makanan sehat lainnya. 

Memang mempersiapkan fisik yang harus prima ini butuh waktu yang cukup sebelum hari-h karena tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat karena prosedur memilih makanan tentu saja harus ada rekomendasi dari dokter ahli dan para diver profesional di bidangnya yang telah menekuni olah raga ini sekian lama telah menjadi hobi bahkan pekerjaan keseharian untuk sebuah misi penyelamatan laut dalam institusi lokal dan internasional. Waktu yang cukup ini agar jumlah asupan unsur sehat yang dibutuhkan oleh tubuh telah tersebar ke semua jaringan.

SATU MINGGU SEBELUM HARI-H MENYELAM.
Pada periode ini anda harus persiapkan jumlah air dan karbohidrat yang cukup. Minum air putih sepanjang hari dalam satu minggu sehingga membuat warna urin menjadi bersih dan jernih sebelum anda melakukan penyelaman. Jumlah cairan yang cukup dalam tubuh ini akan merasakan perbedaan saat terjadi keadaan kram dan dapat mencegah penyakit dekompresi.  



Hindari minuman memabukan sebelum melakukan penyelaman dimana minuman buruk dan membuat tubuh menjadi dehidrasi, paling penting adalah kondisi tubuh anda menjadi hilangnya kehangatan tubuh saat berada di bawah permukaan air dalam waktu yang lama.

Konsumsi roti dari tepung gandum pilihan serta buah menjadi bagian penting asupan dalam periode ini. Takaran dari satu setengah hingga sepertiga kalori yang anda konsumsi harus cukup kompleks seperti pasta, gandum utuh, buah, dan sayuran. Makanlah jenis makanan yang mengandung cukup kalori seperti susu rendah lemat, produk kacang kedele, kacang-kacangan, ikan, serta daging tanpa lemak.

DUA HARI SEBELUM HARI-H.
Setelah waktu sudah mulai dekat pastinya minum air putih semakin diperhatikan. Hindari minuman yang memabukan yang tentu tidak bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tambah ekstra kalori dari minuman kesehatan yang direkomendasikan oleh dokter ahli harus diperhatikan dan diselingi keseharian dengan susu segar. Selalu memastikan bahwa jumlah konsumsi karbohidrat tinggi sesuai dengan rekomendasi dokter sesuai dengan kondisi tubuh. Hal yang menjadi penting adalah waktu tidur yang cukup setiap hari sebelum waktu menyelam tiba harus anda perhatikan, dengan waktu yang cukup berarti anda telah memberikan tubuh istirahat supaya saat melakukan aktifitas berat nanti tubuh tidak cepat lelah dan capek.

SATU HARI SEBELUM HARI-H.
Saat waktu semakin dekat pastikan konsumsi makanan anda tidak berlebih, seharusnya porsi makan lebih sedikit berkurang dibandingkan dengan porsi normal yang anda lakukan setiap harinya. Kurangi hingga 500 kalori dari sajian yang tersedia di meja makan. Jenis sup kaldu, jenis makanan sereal, puding rendah kalori, makan buah dan sayuran segar, jika diperlukan beberapa suplemen penting lainnya direkomendasikan oleh para dokter ahli dan para profesional scuba diving. Jumlah air yang anda minum selalu prioritas dan lebih dari cukup.

HARI-H MENYELAM.
Hari yang ditunggu sudah datang dan saat aktifitas menyelam segera mulai dilakukan. Seluruh proses yang anda lakukan selama satu minggu belakangan ini menjadi potensi kuat untuk tubuh mampu melakukan semua gerakan di bawah air dengan baik dan sempurna. Kegiatan untuk sediakan makanan yang sehat sebelum anda melakukan diving menyelam adalah sebagai berikut:

#1. Siapkan sarapan pagi dengan porsi paling minimal sekurangnya masa jeda waktu yang telah dilakukan minimal 2 jam sebelum olah raga menyelam dilakukan.
#2. Pastikan anda minum air putih satu jam sebelum agar tubuh mampu melawan diuresis selama menyelam nanti.
#3. Hindari minuman memabukan yang tidak bermanfaat bagi tubuh.
#4. Pilih makanan yang mempunyai tingkat karbohodrat tinggi yang banyak direkomendasikan oleh dokter ahli seperti pisang, kue dengan rendah lemak.

Ada beberapa penyelam yang suka dan selalu menikmai makanan yang asli buatan sendiri dengan olahan yang sehat sebelum melakukan aktifitas menyelam di tempat yang eksotis bisa saja dilakukan seperti makanan yang sangat akrab keseharian. Untuk eksperimen jenis makanan tertentu sebaiknya dihindari karena akan terjadi ketidakcocokan saat berada di dalam permukaan air yang bisa saja menyebabkan ketidakberesan pencernaan sehingga terjadi diare atau sakit perut yang berlebihan. Memilih makanan yang mengandung karbohodrat tinggi sebelum waktu menyelam sudah dekat mnimal satu jam sebelum aktifitas. Aktifitas olah raga sehat menyelam ini juga harus diiringi dengan makanan sehat pula agar selama anda melakukan scuba diving seperti ini akan merasakan pesona yang sangat magical tidak ada hambabatan apapun sehingga kenyamanan yang menyenangkan bisa anda dapatkan seketika. 

Poto oleh: alertdiver.eu

DAFTAR MAKANAN SEHAT DIVING FRIENDLY.
Setelah anda mengetahui proses yang dilakukan seperti kami jelaskan maka untuk daftar makanan yang kami kelompokan pada penjelasan berikut ini supaya pengetahuan anda semakin lebih rinci untuk diketahui.

#1. Buah Segar.
Rekomendasi buah segar terbaik yang akan di konsumsi saat akan melakukan penyelaman nanti seperti pisang yang sangat sehat bermanfaat tinggi kalori dan mengurangi kram yang akan terjadi. Untuk jenis apel juga baik mengandung serat yang lebih baik jika dibandingkan dengan jenis buah yang lain. Kombinasikan dengan gula alami yang sangat sehat lainnya seperti madu alam.

#2. Menu Bahan Dasar Telur.
Untuk sajian ini bisa anda kreasikan dengan menggunakan jenis telur ayam kampung atau telur bebek. Kedua jenis telur ini sangat banyak mengandung protein tinggi dan memberikan pasokan kepada tubuh untuk membentuk energi gerak saat menyelam nanti. Buat scamble egg atau telur mata sapi yang anda sajikan untuk menu sarapan pagi dan makan siang atau malam sehingga jumlah protein yang akan disiapkan cukup untuk satu porsi makan.

#3. Ikan Salmon.
Untuk protein lainnya yang bisa masuk dalam menu makanan sehat untuk para penyelam scuba diving adalah ikan salmon yang mengadung lemak omega 3 yang menjadi andalan saat olah raga ini akan dilakukan. Dengan kadar protein yang tinggi ini mampu mempertahankan rasa kenyang lebih lama dan yang paling penting mineral dan vitamin yang terkandung di dalam ikan salmon ini sangat baik dan membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi lebih cepat. Untuk jenis makanan dari laut lainnya harus anda pastikan rating terbaik karena tidak semua makanan tersebut cocok untuk olah raga menyelam ini.

#4. Sayuran Segar.
Rekomendasi terbaik terpilih sayur bayam mengandung banyak manfaat dibutuhkan oleh para penyelam. Jenis sayuran ini sangat mudah diserap oleh tubuh dan pastinya anda tetap merasa kenyang lebih lama saat melakukan diving dengan waktu yang cukup lama. Membantu tubuh tetap dalam posisi bekerja keras dan bisa mempertahankan suhu tubuh tetap dalam kondisi normal. 

#5. Buah Kering.
Banyak penyelam menyiapkan buah kering seperti kurma sangat baik untk dikonsumsi karena mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama serat alami yang mengandung magnesium dibutuhkan oleh tubuh, jika anda sering mengalami kram otot saat melakukan peyelaman buah kurma sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi.

Tag: makanan khusus penyelam | asupan sehat bergizi untuk penyelam | makan sehat untuk penyelam | jenis makanan sehat penyelam | apa saja makanan sehat penyelam |

Sumber: seasthedayscuba 

TIPS! sebelum anda berencana melakukan penyelaman rekomendasi terbaik untuk dilakukan adalah kunjungi dokter ahli mendapatkan nasehat baik agar anda mengetahui kondisi kesehatan tetap baik dan prima. Dokter akan meneliti semua aspek yang mereka lihat dari hasil laboratorium yang telah anda ikuti terutama anda yang mempunyai riwayat penyakit tertentu yang butuh hasil yang lebh akurat lagi. Dengan begitu anda mendapatkan solusi tambahan lainnya dari dokter sehingga kestabilan tubuh di dalam air tetap terjaga dan olah raga menyelam yang anda lakukan nanti bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *