INILAH Wajib Tahu Manfaat Asuransi Perjalanan Saat Mengajukan Visa Ke Negara Tertentu: Teliti Prosesnya Agar Tidak Salah Pilih atau Pilih Salah- VERSI ZAFFY

Saat apply visa di beberapa destinasi negara tujuan seperti Eropa atau Amerika mewajibkan turis Indonesia melengkapi traveling nanti dengan asuransi perjalanan sebagai syarat penting yang harus dilengkapi. Persyaratan ini sudah lama diberlakukan bagi para turis yang akan berkunjung, nah sebagai traveler yang cerdas anda harus mengetahui pertanggungan atau perlindungan saat melakukan trip nanti dan kemungkinan resiko yang akan terjadi saat perjalanan nanti. Walaupun andanya perbedaan dari segi prinsip untuk sebagian orang tetapi syarat untuk mendapatkan visa masuk yang mengharuskan ini harus diikuti untuk dapat mengikuti perjalanan bisa bermanfaat untuk anda dan komunitas sosial tertentu. Seluruh aktifitas yang di jelaskan pada klausul yang telah menjadi standar harus diketahui sebelum anda salah seorang konsumen mereka. Ada hal penting yang wajib anda ketahui saat memilih asuransi perjalanan khusus untuk syarat mengajukan visa di negara yang menjadi tujuan perjalanan anda nanti mengharuskan anda melengkapi dokumen ini sebagai syarat untuk mendapatkan visa masuk.

#1. Jenis Produk Asuransi Perjalanan.
Banyak sekali produk asuransi yang ada di pasar, syarat yang diberlakukan di negara tujuan saat pengajuan visa nanti di embassy di Jakarta adalah asuransi perjalanan dengan lingkup internasional dengan jangka waktu yang ditawarkan dimulai dari 6-12 bulan saat persetujuan telah dilakukan. Pastikan coverage dari pertanggungan asuransi yang akan anda pilih ini sesuai dengan kebutuhan nanti. Jika anda seorang turis yang asuransi khusus perjalanan, begitu juga dengan asuransi pendidikan khusus untuk para pelajar.

#2. Cara Menjadi Anggota Asuransi Perjalanan.
Dengan mudahnya proses pendaftaran telah menjelma cara yang sangat revolusioner untuk produk travel insurance. Pilih perusahaan yang sangat bonafide mempunyai reputasi yang baik di dunia internasional menjadi rekomendasi dari beberapa traveler yang telah pernah menggunakannya di periode lampau. Cara yang sangat mudah adalah dengan online dengan mengisi seluruh data pribadi lengkap dan pastinya negara tujuan dengan lamanya waktu kunjungan anda ke negara tersebut. Untuk pembayaran sudah mulai langsung yang bisa anda pilih sesuai dengan premi yang diinginkan.



#3. Harga Premi Dan Coverage.
Memang untuk harga premi asuransi perjalanan memang harganya kecil jika dibandingkan dengan budget perjalanan yang akan disiapkan untuk traveling ini. Jika dihitung nilai premi sangat murah sekali hanya beberapa persen saja. Setiap traveler mempunyai pilihan berbeda-beda disesuaikan dengan keinginan coverage yang akan diterima. Sebagai contoh, apabila melihat premi yang digunakan untuk asuransi perjalanan yang dimulai dari USD20 telah mempunyai coverage sampai dengan EUR50.000. Semakin besar premi yang akan dipilih semakin tinggi pula coverage yang akan disediakan oleh perusahan asuransi nanti. Sesuaikan dengan harga premi dengan coverage yang akan diterima nanti.

#4. Pastikan Anda Memahami Coverage Asuransi Perjalanan.
Saat mengunjungi negara tujuan yang dipilih oleh turis untuk berlibur dan lainnya ini mereka tidak mau menanggung semua kejadian maka negara tujuan mewajibkan asuransi untuk menanggung coverage terhadap turis. Yang paling utama adalah biaya medis saat terjadi kecelakaan dimana turis harus mendapatkan pertolongan di rumah sakit setempat, nah asuransi kecelakaan ini lah yang akan membantu. Tidak hanya itu saja coverage perlindungan sudah ditambah saat terjadi kehilangan bagase atau delay keberangkatan pesawat yang berkepanjangan sampai ke hal yang paling kecil yaitu kehilangan barang juga di cover. Jika harga preminya ditambah maka akan mendapatkan ekstra manfaat coverage, khusus bagi anda berencana akan melakukan perjalanan dalam waktu yang cukup lama maka aset yang tertinggal di Indonesia sudah mulai di tanggung oleh asuransi sehingga tidak akan ada was-was lagi saat menikmati liburan traveling di negara tujuan nanti.

TIPS! yang menjadi perhatian adalah saat rincian polis yang anda dapatkan nanti harus mengetahui detil yang dijelaskan supaya jaminan yang diberikan nanti lebih spesifik. Memang terlihat banyak sebagai traveler yang smart harus menyempatkan diri untuk membaca agar tidak terjadi kesalahpahaman. Karena peritiwa yang mungkin saja terjadi di negara tujuan tidak ditanggung, situasi seperti ini terkadang terjadi dan turis terjebak dengan peritiwa yang terjadi. Telah mengalami kerugian yang cukup besar tetapi perusahaan asuransi tidak mengganti sama sekali. 

Poin yang menjadi perhatian anda saat membeli asuransi perjalanan nanti apakah masuk dalam perlindungan:
a. Coverage perlindungan delay pesawat berkepanjangan yang mengakibatkan perjalanan anda tertunda.
b. Kerugian atas kecelakaan saat berada di negara tujuan termasuk perawatan medis yang dirasakan perlu di rumah sakit.
c. Kehilangan atau tercuri barang bawaan seperti koper, kamera, hingga seluruh barang berharga lainnya.
d. Keterlambatan penerimaan bagase saat berada di negara tujuan karena kesalahan dari airline.
e. Perlindungan terhadap akibat yang terjadi di saat anda melakukan perjalanan di luar negeri seperti kematian, menyebabkan cacat anggota tubuh, menurunkan daya penglihatan, dan lain sebagainya.

Poto oleh: squaremouth.com

#5. Kejadian Luar Biasa Di Negara Tujuan. 
Dengan berkembangnya situasi seperti keadaan luar biasa di negara tujuan bisa saja terjadi fenomena atau gejolak di negara tujuan mulai di cover oleh asuransi perjalanan. Seperti hura-hara atau terjadinya penembakan telah masuk dalam klausul perlindungan dengan resiko yang akan terjadi seperti luka-luka dan lain sebagainya. Perubahan kebutuhan perlindungan selalu di update oleh perusahaan asuransi jika negara tujuan berpotensi terjadinya kerusuhan atau kejadian luar biasa maka perusahaan asuransi akan menambah harga premi dengan paket perlindungan yang lebih komplit lagi. Harga premi yang lebih mahal dari premi standar maka perusahaan asuransi melakukan kerjasama dengan travel agensi dengan alasan mereka tidak mungkin menyediakan perjalanan ke negara-negara yang tidak aman untuk dikunjungi. 

Dapat dikatakan mayoritas asuransi yang banyak pesertanya setelah adanya kerjasama dengan tour agency tidak banyak menerapkan premi tambahan, tetapi adanya kejadian beberapa tahun belakangan ini masalah keamanan juga telah dimasukan ke dalam pertanggungan ke asuransi perjalanan saat berencana melakukan traveling ke negara yang mewajibkan asuransi perjalanan sebagai syarat untuk mendapatkan visa masuk.

#6. Mudahnya Klaim Menjadi Unggulan Produk Asuransi Perjalanan.
Pastikan anda sebagai nasabah yang telah membeli asuransi perjalanan merupakan perusahaan yang telah masuk dalam worldwide provider member. Melakukan perjalanan ke luar negeri sudah tentu pasti harus masuk dalam lingkup dunia internasional supaya perlindungan perjalanan anda nanti menjadi lebih luas. Proses klaim saat ini banyak menerapkan sistem reimbursement dimana anda sebagai traveler harus mengeluarkan uang terlebih dahulu akan diganti setelah melengkapi seluruh dokumen penting setelah melakukan pengobatan di rumah sakit negara tujuan seperti surat keterangan dari rumah sakit bahwa anda telah melakukan perawatan atau pengobatan disahkan oleh dokter yang merawat sebagai bukti yang harus dilengkapi untuk pengajuan klaim saat sudah kembali ke Indonesia. Penting untuk diketahui bahwa sebagai turis anda harus meneliti fasilitas perlindungan yang akan didapatkan serta periode wak.tu berlaku hingga negara mana saja perlindungan ini masih berlaku jika klaim akan dilakukan.

#7. Perhatikan Tidak Dijamin Perlindungan Asuransi Perjalanan.
Ketidaktahuan dari turis yang melakukan perjalanan nanti tentu ada kejaian yang tidak dijamin dalam asuransi nanti juga harus perlu diperhatikan. Keterbatasan polis yang menjadi ikut serta nanti harus anda ketahui agar tidak terjadi kerugian yang tidak ditanggung oleh perusahaan asuran harus diteliti sebelum membeli menjadi sebuah keharusan. 

Ada beberapa poin yang tidak dijamin perlindungannya seperti turis yang melakukan pembatalan perjalanan ke luar negeri menjadi poin yang sangat berpengaruh sekali sudah tentu pasti semua klausul yang menjadi kewajiban pihak asuransi juga akan hangus. Begitu juga saat anda diagnosa  penyakit tertentu yang telah dilakukan pengecekan oleh dokter ahli tentu juga akan membatalkan seluruh pertanggungan. 

Untuk usia yang tertentu akan mempunyai harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan usia produktif seperti generasi milenial. Sebagai contoh saja turis yang mempunyai umur diatas 65 tahun mempunyai harga premi jauh lebih mahal karena faktor resiko yang jauh lebih besar bisa saja terjadi di saat perjalanan nanti. 

PENTING! perlu diperhatikan pula lamanya waktu bepergian juga akan mempengaruhi harga premi atau istilahnya dari pihak asuransi yaitu plan. Sebagai variable yang akan memperbesar resiko yang akan menjadi jaminan perlindungan juga akan semakin besar. Jika anda melakukan perjalanan hanya satu hari saja berbeda dengan lama waktu trip sampai dengan satu minggu. Adanya kemungkinan resiko yang akan terjadi seperti medis dan kecelakaan di perjalanan tentu akan menjadi besar pula. Begitu jua saat anda melakukan traveling dengan rombongan seperti 10 orang tentu akan berbeda pula harga premi jika dibandingkan dua orang saja.

#8. Kesalahan Fatal Saat Anda Salah Pilih Auransi Perjalanan.
Pengalaman kesalahan dari rekan yang lain menjadi pengalaman untuk rekan yang akan melakukan perjalanan nanti. Alasan yang paling utaman adalah di saat anda tidak menyediakan waktu yang cukup untuk tidak membaca seluruh isi klausul yang anda terima. Setiap turis tentu saja mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda, setiap polis yang mereka beli tentu perlindungan juga berbeda. Kebutuhan mereka dengan anda tentu saja berbeda pula dan harganya berbeda pula pastinya. Jangan ikut-ikutan karena teman telah membeli di perusahaan asuransi tertentu karena masalah perbedaan perlindungan akan menjadi masalah besar di kemudian hari. Kesalahpahaman manfaat asuransi, jumlah perlindungan maksimal, prosedural cara klaim yang diminta, hingga nomer telepon emergensi harus anda ketahui saat di negara tujuan di saat anda butuh informasi tambahan yang bisa diakses 24 jam setiap hari.

Khusus traveler yang melakukan perjalanan dengan tambahan olah raga berbahaya dan adventure tentu tidak selalu masuk dalam polis standar. Jika kesempatan perjalanan nanti ada berhubungan dengan kegiatan berbahaya seperti ini tentu harus masuk dalam perlindungan. Jangan sampai salah, saat trend media sosial yang memberikan informasi lokasi tempat wisata yang menantang ini harus anda kunjungi, pastikan resiko yang mungkin terjadi juga di cover oleh asuransi perjalanan nanti. Dengan demikian anda bisa mendapatkan seluruh perlindungan di satu premi bisa semua manfaat bisa anda dapatkan.

FORMULA MEMBELI ASURANSI PERJALANAN.
Jenis traveling {teliti sebelum membeli apakah standar atau adventure} -> Lama perjalanan -> Pilih perusahaan terbaik dan internasional coverage -> Teliti manfaat dan resiko apa saja yang akan terlindungi -> Harga Premi -> Baca klausul polis -> Traveling nyaman menyenangkan.

Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *